Inilah Bacaan Niat Puasa Asyura 10 Muharram 1438 H Lengkap Dengan Sejarah dan Keutamannya Yang Harus Kamu Tau !

Inilah Bacaan Niat Puasa Asyura 10 Muharram 1438 H Lengkap Dengan Sejarah dan Keutamannya Yang Harus Kamu Tau !

Inilah Bacaan Niat Puasa Asyura 10 Muharram 1438 H Lengkap Dengan Sejarah dan Keutamannya Yang Harus Kamu Tau ! - Puasa Asyura 10 Muharram 1438 H jatuh pada hari Selasa 11 Oktober 2016 besok. Berikut sejarah dan bacaan niat puasa sunah 10 Muharram.

Puasa Ayura merupakan puasa sunah di hari ke sepuluh pada bulan Muharram. Kala itu Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah dan mengetahui orang Yahudi berpuasa A’syuro. Nabi bertanya puasa apa yang mereka jalankan.

Mereka menjawab bahwa hari ini adalah hari baik, hari dimana Allah telah menyelamatkan Bani Israil dari kejaran musuh. Musa kemudian berpuasa sebagai rasa syukur kepada Allah, dan orang Yahudi mengikutinya. Nabi kemudian berkata bahwa kami lebih berhak terhadap Musa dari pada kalian.

Sejak hijrah ke Madinah itulah Nabi berpuasa dan memerintahkan manusia agar berpuasa. Bahkan Rasulullah sangat menganjurkan puasa Asyura, sampai para sahabat melatih anak-anak mereka untuk menjalankan puasa sunah Asyura.

Akhirnya Nabi tidak hanya puasa Ayura saja melainkan juga menyarankan puasa tanggal 9 Muharram supaya berbeda dengan puasanya orang Yahudi. Puasa tanggal 9 dibulan Muharram dinamakan sebagai puasa Tasu’a. Rencananya puasa tanggal 9 akan dilaksanakan oleh Nabi tahun depan, namun belum sampai tahun depan Nabi sudah wafat.

Berikut Niat Bacaan Puasa Sunah Asyura

“Nawaitu sauma Asyura sunnatal lillahitaala”.
Artinya : “Saya niat puasa hari Asyura sunah karena Allah Ta’ala”.

Puasa Asyura


Karena puasa Ayura merupakan puasa sunnah, pembacaan niat puasa bisa dilakukan selepas magrib sampai siang hari sebelum tergelincirnya matahari atau sebelum memasuki waktu shalat dzuhur.

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang mulia, dimana umat Islam berlomba-lomba mencari pahala di bulan ini. Salah satu yang bisa dilakukan untuk memperoleh pahala adalah dengan menjalankan puasa sunah Asyura.

Salah satu keutamaan menjalankan puasa sunah Ayura adalah dihapuskan dosa selama satu tahun yang lalu. Pastinya kita harus ikhlas menjalankannya agar ibadah kita diterima oleh Alah SWT. Selamat menunaikan ibadah puasa Asyura 2016, semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT.