Cara membuat aquascape tema natural dan aquascape tanpa Co2

Cara membuat aquascape tema natural dan aquascape tanpa Co2

Cara membuat aquascape tema natural dan aquascape tanpa Co2.

Cara membuat aquascape tema natural dan aquascape tanpa Co2. Aquascape adalah dimana menempatkan tumbuhan hidup di dalam aquarium. Gaya Natural merupakan gaya aquascape paling populer, yang di perkenalkan oleh Takashi Amano, tujuan dari  aquascape natural adalah meniru pemandangan alam natural. Biasanya dalam pembuatan aquascape natural ini menggunakan rasio emas dan juga menerapkan berbagai macam hardscape dan tanaman. Kenapa harus menggunakan rasio emas karna dapat memunculkan tampilan alami yang menyenangkan mata.
Aquascape tema natural bisa menggambarkan pemandangan seperti dataran rendah, bukit, hutan hujan, atau pegunungan, walaupun terkesan acak-acakan tapi sebenarnya dalam membuat aquascape tema  natural membutuhkan ketrampilan, perencanaan, dan detail agar menciptakan pemandangan yang indah.
Jangan sampai lupa untuk menciptakan titik fokus dengan menggunakan batu ataupun kayu untuk mengarahkan mata ke titik fokus aquascape, agar bisa lebih terkesan sangat alami bisa menggunakan Rasio Emas karna di alam semua yang terbentuk masuk kedalam rasio emas, sebab itu mengapa ketika melihat pemandangan di alam nampak sangat menakjubkan.

Rasio Emas aquascape

Penjelasan sederhana dari rasio emas adalah sebuah dua garis panjang yang di bagi dengan garis yang lebih kecil dengan sama besar. Di setiap titik pertemuan garis bisa di taruh titik fokus seperti kayu, batu, atau tanaman didalam aquascape.
cara membuat aquascape tema natural dan aquascape tanpa Co2
Rasio emas aquascape

Pembagian Rasio Emas aquascape 

cara membuat aquascape tema natural dan aquascape tanpa Co2
Pembagian rasio emas aquascape

Ada beberapa tata letak yang terdapat di Gaya natural seperti:

Tata Letak Cekung aquascape

Cara membuat aquascape tema natural dan aquascape tanpa Co2
Tata letak cekung aquascape
Untuk menciptakan titik fokus yang lebih rendah di akuarium, sangat cocok digunakan didalam aquascape yang mempunyai posisi tanaman yang bertahap dari tinggi sampai rendah berakhir di pusat memberikan bentuk “U” jika dilihat secara keseluruhan. Tata letak cekung sangat baik untuk menggambarkan pemandangan alami seperti lembah, jalan dan lereng bukit. Tata letak cekung bisa menciptakan ilusi di dalam di aquascape.

Tata Letak Cembung aquascape

Cara membuat aquascape tema natural dan aquascape tanpa Co2
Tata letak cembung aquascape
Penggunaan seperti batu, tanaman, kayu yang menonjol untuk memberikan ke arah tengah desain jika dilihat secara keseluruhan. Tata letak ini banyak digunakan untuk menciptakan pemandangan pulau ataupun gunung.

Tata Letak Segitiga

Cara membuat aquascape tema natural dan aquascape tanpa Co2
Tata letak segitiga aquascape
Seperti segitiga tata letak ini menjulang tinggi dan secara bertahap menurun sampai kebawah. Penggunaan kayu, batu, dan moss sangat cocok digunakan dalam tata letak ini. Dengan kepadatan tanaman yang berada di tengah tata letak segitiga mampu memberikan kesan lebih penuh didalam aquascape. Tata letak segitiga biasa digunakan untuk menciptakan pemandangan tepian sungai.
Bagian yang paling penting yaitu tanaman dan ikan, dalam aquascape bergaya natural tanaman stem atau tanaman batang sering digunakan untuk menciptakan perbedaan ketinggian di aquascape.Bisa juga menggunakan tanaman pakis atau Microsorum pteropus dan juga moss yang di pasangkan dengan batu dan kayu. 
Pemilihan ikan juga tak kalah pentingnya, sebaiknya pilihlah ikan yang berkarakter tidak agresif dan paling baik memilih ikan yang mempunya perilaku suka bergerombol. Secara keseluruhan aquascape bergaya natural adalah menirukan semirip mungkin pemandangan yang ada di alam. Dengan menggunakan desain seperti Rasio Emas dan bentuk tata letak. Untuk menciptakan pemandangan aquascape yang menakjubkan.

3 Cara Membuat Aquascape Tanpa Co2

Aquascape merupakan seni membuat bentuk pemandangan dalam suatu ekosistem dengan media akuarium. DIkarenakan ini adalah seni membentuk mikroekosistem, maka tahapan membuat aquascape juga segala aspek penyusun ekosistem tersebut harus betul-betul diperhatikan sangat teliti. Diantaranya adalah karbondioksida atau Co2. Co2 memiliki peranan penting di dalam ekosistem sebagai salah satu penunjang untuk melakukan fotosintesis. Oleh sebab itu, kebutuhan akan karbondioksida adalah mutlak.
3 Cara Membuat Aquascape Tanpa Co2
3 Cara membuat aquascape tanpa Co2

Proses fotosintesis tanaman aquascape bisa di ibaratkan dengan olahraga lari. Ketika lampu menyala, tanaman di dalam akuarium akan melakukan proses fotosintesis. Nah, jika manusia berlari, manusia membutuhkan asupan oksigen yang lebih, sedangkan  tumbuhan membutuhkan Co2 untuk proses fotosintesis.
Apa yang terjadi juka kamu membatasi suplai Co2 pada akuarium? Pasti beberapa masalah akan muncul. Itu semua bisa diatasi dengan menemukan keseimbangan yang pas didalam ekosistem aquascape kamu. Berikut 3 cara gampang membuat aquascape tanpa Co2.

1. Pilih tanaman yang tepat

3 Cara Membuat Aquascape Tanpa Co2
Pilih tanaman yang tepat
Benar bahwa tanaman butuh Co2 untuk proses pertumbuhan dan perkembangan. Karbondioksida atau Co2 dimanfaatkan tumbuhan untuk proses fotosintesis. Tapi, kamu harus tau bahwa ada beberapa tumbuhan yang tidak membutuhkan terlalu banyak Co2 untuk melakukan proses fotosintesis? Kamu bisa memanfaatkan tumbuhan tanpa Co2 ini untuk mempercantik aquascape tanpa Co2 injection milikmu.
Pastinya dengan adanya tanaman jenis seperti itu, perawatan aquascape jadi lebih gampang, dan pastinya lebih hemat biaya. Jenis tanaman yang bisa hidup dengan kadar Co2 minimum dan bisa kamu manfaatkan untuk tanaman aquascape, diantaranya christmas moss, java moss, peacock moss, flame moss, fissiden moss, java fern, lilaeopsis, amazon sword, dan banyak lagi. Jenis tanaman tersebut perawatan dan pemeliharaannya sangat mudah.

2. Tidak terlalu banyak cahaya

3 Cara Membuat Aquascape Tanpa Co2
Tidak terlalu banyak cahaya
Tanaman butuh banyak cahaya untuk berkembang. Tapi, kalau suplai Co2 tidak seimbang dengan cahaya, akuarium kamu pasti ditumbuhi ganggang. Cara menemukan pengaturan cahaya yang tepat, kamu butuh PAR meter, direkomendasikan 70-100 Umols.
Jika kamu tidak punya PAR meter, coba dengan  aplikasi Lux Light Meter Pro. Aplikasi tersebut mengukur kecerahan cahaya lampu dengan satuan Lux. Jangan melebihi batas yang sudah di rekomendasikan jika kamu tidak ingin akuarium di rumah kamu dipenuhi dengan ganggang.

3. Mengganti air secara rutin

3 Cara Membuat Aquascape Tanpa Co2
Mengganti air secara rutin
Hal yang harus kamu lakukan untuk membuat aquascape tanpa Co2 injection yaitu dengan mengganti air secara berkala. Tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup satupekan satu kali. Tujuan melakukan penggantian air ini supaya limbah atau kotoran yang berada dalam air bisa hilang.
Dengan dilakukan penggantian air, tanaman akan mendapatkan suplay Co2 dari air yang baru. Tidak hanya bagus bagi tanaman, penggantian air secara rutin juga sangat baik untuk hewan yang ada di dalam aquascape. Hal ini dikarenakan limbah yang terurai dan menumpuk  di dalam air, dapat membahayakan kesehatan dari isi aquascape tersebut.
Langkah di atas bisa kamu lakukan cara membuat aquascape tema natural dan aquascape tanpa Co2. Tapi, kamu juga membutuhkan ketelitian dan konsisten untuk menerapkannya. Semoga bermanfaat.